Knowledge

IP Indihome Anda Sering Berubah-ubah? Dapatkan IP Static-nya

Sebagian besar dari Anda mungkin tidak akan terganggu dengan sering terjadinya perubahan IP yang terus terjadi dalam hitungan menit bahkan detik. Karena kebanyakan platform tidak akan terlau mempedulikan hal ini, termasuk saat Anda menggunakan akun sosial media atau yang lainnya.

Pada dasarnya, saya-pun secara pribadi tidak keberatan jika harus menggunakan IP Dinamis yang sering berubah, selama rotasi perubahannya setidaknya setiap 30 sampai dengan 60 menit sekali (saya masih bisa memakluminya).

Tapi bagaimana jadinya jika perubahan IP ini terjadi hanya dalam hitungan detik? Wow,, bagi kami sebagai developer website yang sering keluar masuk server cPanel, VPS dan sejenisnya tentu akan sangat terganggu karena hal ini.

Biasanya akses ke cPanel atau sejenisnya tidak bisa mentolelir perubahan IP. Maka dari itu, platform ini umumnya akan me-logout pengguna tanpa basa-basi.

Ada beberapa cara untuk menanggulangi hal ini, pertama dengan menggunakan VPN gratis atau berbayar. Jika Anda memilih untuk menggunakan VPN berbayar, ini mungkin tidak akan mengganggu Anda, karena kecepatannya jelas bisa mengikuti kecepatan ISP Anda.

Nah, kalau Anda memilih menggunakan VPN gratis, tentu lain lagi ceritanya. Bagaimana mungkin saat Anda harus mengupload file sebesar ratusan Megabyte dengan VPN gratisan? Upload 100Mb bisa serasa upload 1Gb Pa! Auto kehambat ni kerjaan kita!

Nah, kalau Mimin sih prever pake cara yg kedua, yaitu menggunakan layanan tambahan dari Indihome yaitu mendaftarkan Static IP sebagai Solusi Dynamic IP.

  1. Buka https://ip-dynamic.com/ (gunakan PC / Laptop ya gaes, biar ga pusing).
  2. Lalu, klik Register bila belum memiliki akun ip-dynamic, masukan email dan password. Oh sebagai catatan, ini adalah produk Indihome, jadi biaya langganan IP ini dibayarkan bersamaan dengan pembayaran internet Anda.
  3. Setelah Anda terdaftar sebagai pengguna, silahkan login setelah itu pada tampilan DASHBOARD klik tambahkan untuk membuat alamat DDNS.
  4. Masukan nomor Indihome anda, dan kemudian pilih paket yang akan digunakan, pada saat artikel ini ditulis pilihannya adalah Paket trial gratis satu bulan, Paket Rp. 10.000 untuk 1 device dan Rp. 15000 untuk 10 device.Jika Anda mengalami kegagalan pada tahap ini, matikan modem Indihome, tunggu 5 detik lalu nyalakan kembali. Ini yang Mimin lakukan saat pendaftaran, karena kebetulan Mimin juga gagal saat melakukan pendaftarannya.
  5. Sekarang Anda telah mendapatkan alamat DDNS yang tadi telah tambahkan;

Thats it.. Gimana, mudah kan?? Nah sekarang silahkan Anda putuskan mau pake VPN Gratis atau Berbayar-kah? Atau lebih pilih pake cara kedua yang Mimin saranin? Semua kembali pada keputusan Anda. Silahkan tinggalkan komentar jika informasi ini kurang jelas, nanti In shaa Allah akan Mimin bantu.

Sumber asli: https://www.riesty-project.web.id/2020/03/tutorial-cara-mendapatkan-ip-static.html

Tinggalkan Balasan